Sabtu, 06 November 2010

Gunung Berapi di Bawah Laut

Gunung Berapi di Bawah Laut – Ini merupakan sebuah misteri gunung berapi. Eitts, ini bukan judul filmnya mak lampir yah. Misteri gunung berapi di sini adalah berita penemuan gunung merapi bawah laut perairan Indonesia. Publik kembali digegerkan oleh penemuan gunung berapi bawah laut oleh ekspidisi yang dilakukan ilmuwan Indonesia bersama ilmuwan Amerika Serikat dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang berada di bawah naungan Departemen Perdagangan AS.

Sebelumnya di pertengahan tahun 2009, juga pernah ditemukan gunung merapi di bawah laut Bengkulu, Pulau Sumatera. Kali ini ditemukan juga di Kawio Barat, Kepulauan Kawio, Sulawesi Utara. Gunung merapi bawah laut ini terletak di kedalaman 18.000 kaki.

Benarkah kejadian luar biasa ini hanya ada di Indonesia, saya kurang pasti mengetahui. Tapi yang jelas ini menandakan bahwa memang ada kekuatan besar di sekitar kehidupan manusia, dan manusia harus percaya itu. Jika anda berpikir ini terjadi karena kebetulan, silahkan buktikan sendiri alasan yang rasionalnya,hihiih.

Seperti kita ketahui, memang terdapat gunung di bawah laut. Dan itu dikenal dengan sebutan Gunung Laut.

Menurut terjemahan bebas dari wikipedia, Sea Mount atau Gunung Laut adalah sebuah gunung yang naik dari dasar laut yang tidak sampai naik hingga permukaan air (permukaan laut), dan dengan demikian bukanlah juga sebuah pulau. Umumnya ditemukan terbentuk dari proses pembentukan gunung berapi dan muncul pada kedalaman mulai dari 1000-4000 meter dari kedalaman dasar laut. Setidaknya terdapat sebanyak 30.000 gunung laut yang tersebar di seluruh dunia, dan hanya beberapa saja yang telah dipelajari.

Tapi bagaimana bila gunung laut itu meletus atau biasa disebut gunung berapi? kita bisa membayangkan betapa mengerikannya bila gunung merapi bawah laut itu meletus. Naudzu billah deh…

http://pancallok.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar