Sabtu, 06 November 2010

Gempa Berayun Penyebab Tsunami di Mentawai

MENTAWAI--MICOM:Tsunami yang melanda Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, disebabkan oleh slow earthquake atau gempa dengan guncangan berayun meski berkekuatan 7,2 skala Richter (SR).

"Guncangan gempa itu dirasakan berayun oleh warga dan tidak menyebabkan kerusakan banyak bangunan. Jadi gempa tersebut tidak seperti ciri-ciri akan terjadi tsunami," kata Kepala Pusat Informasi Riset Bencana Alam Kementerian Riset dan Teknologi Pariatmono di Sikakap, Mentawai, Sabtu (6/11).

Karena guncangannya berayun tidak membuat warga segera menyelamatkan diri. Apalagi, ujarnya, pada 2007 terjadi gempa dengan kekuatan lebih besar di Mentawai dan tidak menyebabkan tsunami.

Menurutnya, gempa Mentawai, Senin (25/10), memang tidak menunjukkan sebagai gempa yang akan menimbulkan tsunami. Sebab, selama ini informasi disosialisikan gempa berkekuatan besar yang merusak yang menyebabkan tsunami.

Ia menyebutkan, kejadian di Mentawai hampir sama dengan tsunami di Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat. Goyangan gempa berayun, tapi menimbulkan tsunami. Dengan pengalaman seperti itu, ke depan peringatan akan terjadinya tsunami bagi masyarakat pesisir pantai Mentawai lebih baik mengandalkan tradisi lokal dan tidak harus menunggu instruksi pemerintah. (Ant/OL-01)
http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar