Minggu, 21 November 2010

Mentawai Siapkan Rp1,5 M Untuk Korban Tsunami

Minggu, 21 November 2010 - 14:25 wib
Rus Akbar - Okezone
Korban tsunami Mentawai membawa bantuan. (Foto: reuters)

PADANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, menganggarkan jaminan hidup untuk para korban tsunami senilai Rp1,5 miliar dalam APBD Perubahan 2010.

"Memang kami dari DPRD Mentawai telah menyetujui pengalokasian dana dari APBD Perubahan 2010 untuk jaminan hidup bagi korban tsunami 25 Oktober lalu, dana yang di setujui itu senilai Rp1,5 miliar," kata Ketua DPRD Mentawai Hendri Dori Satoko kepada okezone, Minggu (21/11/2010).

Dalam alokasi sebanyak Rp1,5 miliar itu, masing-masing keluarga yang benar-benar menjadi korban tsunami akan mendapatkan dana Rp3 juta.

"Saat ini masih proses pendataan yang dilakukan oleh tim dari Pemkab Mentawai, kami menekankan pada Bupati kepala keluarga yang didata dan penerima bantuan jaminan hidup itu adalah orang yang benar-benar tertimpa musibah bencana tsunami," katanya.

Tujuan pemberikan dana jaminan hidup ini untuk kelangsungan hidup dalam pemenuhan kebutuhan selama rekonstruksi. Selain itu dana ini akan diberikan satu tahap dan ini akan dicairkan pada bulan Desember mendatang.

"Kalau sudah divalidasi data tersebut, bupati akan mengeluarkan SK penerima bantuan jaminan hidup tersebut," tambahnya.

Untuk APBD 2011, Pemkab Mentawai sudah menganggarkan dana kebencanaan. Anggaran tersebut akan dimasukkan ke dalam pos anggaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai, dana ini akan dipakai untuk kebutuhan pokok di daerah rawan bencana.
(hri)

http://news.okezone.com/read/2010/11/21/340/395304/mentawai-siapkan-rp1-5-m-untuk-korban-tsunami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar