Sabtu, 06 November 2010

Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sumatera

Kemarin lusa saat browsing ke kompas saya dapati berita pada hari Kamis tanggal 28 Mei, mengenai ditemukannya gunung api dibawah perairan barat Sumatera yang sangat besar dan tinggi hingga di sebut sebagai gunung api raksasa, duh! denger gunung aja dibayangan kita langsung mengarah pada tumpukan tanah yang sangat besar menjulang keatas, nah ini sudah gunung…raksasa pula! Sudah begitu pake Api! Asstagfirullah. Ini berita selanjutnya saya edit dari Kompas.com.

Pakar geologi dari Indonesia, AS dan Perancis yang tergabung dalam satu tim berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api raksasa ini mempunyai diameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan terletak 330 km arah barat kota bengkulu.

Menurut Yusuf Surachman Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT: tidak ada gunung yang setinggi dan sebesar ini selain Gunung Jayawijaya di Papua.

Namun sejauh ini belum dapat dipastikan tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini, walaupun memiliki kaldera sebagai ciri dari gunung api.

Jika gunung ini sampai meletus maka akan sangat berbahaya dan mengancam kehidupan manusia. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui struktur geologi dalam (penetrasi sampai 50 km) yang meliputi Palung Sunda, prisma akresi, tinggian busur luar (outer arc high), dan cekungan busur muka (fore arc basin) perairan Sumatera.

Sejak gempa dan tsunami akhir 2004 dan gempa-gempa besar susulan lainnya, terjadi banyak perubahan struktur di kawasan perairan Sumatera yang menarik minat banyak peneliti asing.

Fenomena apa ini yang sedang terjadi tentu munculnya gunung api raksasa ini bukanlah tanpa maksud, Subhanallah.

http://abibakarblog.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar