Jumat, 02 Januari 2015

[Kaleidoskop] Peristiwa Besar Dunia Sepanjang Tahun 2013

Inilah peristiwa-peristiwa besar yang tercatat di berbagai belahan dunia, sepanjang 2013.
Bencana, baik yang disebabkan alam maupun manusia, mendominasi peristiwa besar dunia. Dari bencana hantaman meteor, letusan gunung, dan topan. Ada pula ledakan bom dan aksi penyerbuan kelompok militan.
1. Meteor



Februari. Meteor menghantam kawasan pegunungan Ural, Rusia pada 15 Februari. Ini menimbulkan ledakan besar dan melukai sekitar 1.200 orang, termasuk 200 anak-anak akibat pecahan kaca. Bongkahan besar diperkirakan menghantam danau beku di dekat Chebarkul dengan lubang sekitar enam meter. 

2. Paus Baru


 Maret. Kardinal Jorge Bergoglio dari Argentina terpilih sebagai Paus baru, Paus Fransiskus I. Massa di Vatikan menyambut dan lonceng dibunyikan dalam pengumuman di balkon Santo Petrus, 13 Maret lalu.

 3. Bom Boston



 April. Dua bom meledak di garis finis di Boston Marathon pada tanggal 15 April lalu dan menyebabkan tiga orang meninggal dan lebih 260 lainnya luka-luka. Salah seorang tersangka, Dzhokhar Tsarnaev menyatakan tidak bersalah saat dihadirkan di pengadilan. Abang Tsarnaev, Tamerlan, tewas dalam operasi polisi.

 4. Militan Al-Shabab



 September. Paling tidak 67 orang meninggal saat tersangka militan al-Shabab menyerbu pertokoan Westgate di Nairobi, Kenya tanggal 21 September lalu. Tentara Kenya mengatakan empat penyerang tewas selama pengepungan yang berlangsung sampai 24 September.

 5. Gunung Meletus



 November. Dua gunung api, Sinabung, di Sumatra Utara, serta Gunung Merapi di Yogyakarta meletus dan menyebabkan gangguan penerbangan. Letusan Sinabung menyebabkan sekitar 5.000 orang mengungsi. Setelah letusan pertama, Sinabung masih terus mengalami aktivitas, antara lain letupan susulan dan mengeluarkan lahar dingin.

 6. Paul Walker



Kecelakaan tragis yang menimpa aktor terkenal dalam film The Fast and The Furious, Paul Walker hingga kini masih sulit diterima oleh kerabat, rekan dan juga para penggemarnya. Paul Walker kehilangan nyawanya dalam api yang menghanguskan Porsche Carrera GT yang ia tunggangi bersama Roger Rodas, rekan sekaligus penasihat keuangan Paul, pada Sabtu (30/11) pukul 15.30 waktu setempat.
Hari itu, selepas menghadiri acara amal yang diselenggarakan oleh Rodas, Paul yang memang seorang penggila adrenalin dengan antusias ingin mencoba keganasan Porsche Carrera GT yang merupakan salah satu mobil tercepat dunia. Dua sekawan it pun meluncur pergi berkendara menunggangi mobil naas yang memiliki kecepatan maksimum 330 km/h tersebut.
Namun siapa sangka, Rodas yang mengemudikan mobil tersebut dalam kecepatan tinggi mendadak kehilangan kendali lalu menghantam tiang lampu dan pohon tak jauh dari tempat acara amal yang ia gelar. Tak butuh waktu lama sebelum api melalap seluruh bagian tubuh Porsche yang sudah tak berbentuk dan merenggut nyawa Paul dan juga Rodas.


7. Penyadapan RI


Situs radio Australia ABC menyebutkan materi intelijen yang dibocorkan Edward Snowden mengungkap Australia menyadap pembicaraan telepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sejumlah pejabat Indonesia pada 2009.
Dokumen mantan Kontraktor Badan Rahasia Nasional Amerika Serikat (NSA) Snowden itu diperoleh ABC dan Guardian yang disiarkan pada Senin (18/11). Informasi itu menunjukkan intelijen Australia menyadap pembicaraan telepon SBY setidaknya sekali.
Selain itu, intel Australia melacak aktivitas telepon genggam SBY selama 15 hari pada Agustus 2009. Data itu berasal dari Agen Intelijen Elektronik Australia (Defence Signal Directorate sekarang berubah menjadi Australia Signals Directorate).
Penyadapan itu juga ditujukan pada pejabat dan orang dekat SBY, seperti Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, mantan Wapres Jusuf Kalla, Juru Bicara
Presiden Dino Patti Djalal dan Andi Mallarangeng.
Selain itu Australia menyadap Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa, Menko Ekuin Sri Mulyani, Menko Polhukam Widodo AS, dan Menteri BUMN Syofyan Djalil.

8. Topan Haiyan


November. Topan Haiyan, atau disebut juga topan Yolanda, salah satu bencana topan terkuat di dunia, menyapu Filipina tengah November lalu. Topan ini menewaskan sekitar 6.000 orang.

 9. Nelson Mandela


DesemberJenazah Nelson Mandela dimakamkan di pemakaman keluarga setelah disemayamkan secara kenegaraan. Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan (1994-1999) ini meninggal pada tanggal 5 Desember pada usia 95 tahun. 

10. BOM Bunuh Diri


Bom bunuh diri yang dilakukan seorang wanita di stasiun kereta api Volgograd, Rusia, Ahad (29/12), menewaskan 16 orang.
Tim penyelidik membenarkan bahwa pelaku bom bunuh diri adalah seorang wanita yang meledakan diri setelah diberhentikan polisi stasiun yang tengah menjaga dengan detektor logam di pintu masuk stasiun.
Dalam rekaman CCTV terlihat saat ledakan yang menunjukan bola api di depan pintu masuk dan jendela bangunan tiga lantai diikuti asap tebal di lokasi kejadian.
Juru bicara Komite Penyidik Rusia, Vladimir Markin mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan atas tindakan teror terbesar di Rusia selama tiga tahun terakhir.
“Seorang wanita yang sedang menuju detektor logam melihat petugas dan meledakkan dirinya dengan bahan peledak karena khawatir ketahuan membawa bahan peledak,” kata Markin dalam siaran televisi Ahad (29/12).
Dokter dan kepolisian mengonfirmasi jumlah korban tewas sebanyak 16 orang dan 45 lainnya luka-luka. Laman Lifenews.ru mengidentifikasi pelaku bernama Oksana Aslanova. Diduga motif pengeboman adalah balas dendam mengingat pelaku pernah dua kali menikah dengan pria milisi yang tewas terbunuh di Kaukasus Utara, Rusia.(Ant)
 Sumber : http://ang.or.id/info-news/kaleidoskop-peristiwa-besar-dunia-sepanjang-tahun-2013/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar